Perbedaan antara Jurnal ilmiah dan Artikel

jurnal vs artikel

Perbedaan antara jurnal ilmiah dan artikel seringkali menimbulkan kebingungan di kalangan banyak orang. Walaupun pada pandangan awal, keduanya tampak memiliki kesamaan, sebenarnya terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya yang patut untuk dicermati. Artikel bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu topik yang didukung oleh fakta, sedangkan jurnal ilmiah merupakan suatu publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh institusi akademik atau organisasi profesi yang berisi artikel-artikel hasil penelitian dalam bidang tertentu. Dengan membaca penjelasan singkat tersebut, apakah Anda mulai dapat membedakannya? Yuk baca pembahasan selanjutnya:

Perbedaan Jurnal ilmiah dan Artikel

Meskipun memiliki perbedaan, keduanya baik itu jurnal ilmiah dan artikel memiliki tujuan yang serupa, yaitu memberikan informasi kepada pembaca. Untuk lebih memahami perbedaan di antara keduanya, mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Jenis Jurnal Ilmiah

Perbedaan antara jurnal ilmiah dan artikel dapat dilihat dari jenis-jenis jurnal ilmiah yang ada. Dalam jurnal ilmiah, secara umum terdapat tiga jenis jurnal yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasannya secara lengkap.

1. Popular Journals

Salah satu jenis jurnal ilmiah yang umum ditemui adalah popular journals. Jenis jurnal ini berisi pendapat dan informasi yang dapat menghibur pembaca. Biasanya, kontennya dapat berupa kutipan, iklan, ilustrasi, dan bibliografi. Selain itu, popular journals juga bisa mencakup cerita fitur, opini, dan editorial.

2. Professional or Trade Journals

Jenis jurnal ilmiah ini ditujukan untuk profesi atau industri tertentu. Biasanya, jurnal ini berisi informasi terkini, opini, atau saran praktis terkait industri tersebut. Selain itu, jurnal ini juga dapat berisi ulasan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang peristiwa terbaru dalam industri tersebut.

3. Scholarly Journals

Mungkin Anda pernah mendengar tentang jenis jurnal ilmiah ini. Scholarly journal dikenal sebagai jurnal yang melewati proses review oleh para ahli, juga dikenal sebagai jurnal peer-reviewed dan jurnal akademik. Jenis jurnal ini berisi artikel-artikel dan diterbitkan secara teratur dalam interval tertentu. Tujuan dari pembuatan jenis jurnal ini adalah untuk menyebarkan pengetahuan serta temuan-temuan penelitian baru.

Selain itu, perbedaan antara artikel dan jurnal ilmiah ini juga terletak pada ulasan dan kritik terhadap studi dan temuan yang diulas di dalamnya. Jurnal ini sering diidentifikasi melalui judulnya yang khusus. Contoh salah satunya adalah Publishing Research Quarterly.

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca:

Jenis Artikel

Perbedaan antara artikel dan jurnal ilmiah dapat dilihat dari jenis-jenis artikel yang ada. Artikel memiliki dua jenis utama, yaitu artikel penelitian dan artikel non-penelitian.

Artikel Penelitian

Artikel penelitian memiliki sifat ilmiah. Ketika menulis artikel jenis ini, penting untuk menyusunnya secara sistematis, mulai dari judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, dan lain-lain. Artikel jenis penelitian memiliki beberapa ciri khas.

Pertama, artikel ilmiah umumnya membahas hal-hal penting seperti temuan penelitian, pembahasan hasil temuan, dan kesimpulan. Kedua, artikel jenis ini memiliki struktur penulisan yang sistematis dengan bagian dan sub-bagian yang jelas. Selain itu, artikel penelitian juga mematuhi beberapa prosedur tertentu.

Artikel Non-Penelitian

Perbedaan antara artikel dan jurnal ilmiah juga terlihat pada jenis artikel non-penelitian. Jenis artikel ini mencakup semua artikel ilmiah yang tidak termasuk dalam laporan hasil penelitian. Meskipun tidak sekompleks artikel penelitian, jenis ini memiliki aturan khusus yang harus diikuti.

Salah satu aturan tersebut adalah panjang artikel tidak boleh melebihi 20 halaman. Biasanya, artikel jenis ini memuat informasi yang esensial, seperti judul, nama penulis, dan hal-hal serupa dengan artikel penelitian. Dalam jenis artikel ini, struktur penulisan tidak menggunakan penomoran angka dan abjad.

Penutup

Apakah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara artikel dan jurnal ilmiah ini sudah cukup membantu? Dengan ini, semoga Anda tidak lagi merasa bingung dalam membedakan antara artikel dan jurnal ilmiah.

Anda telah membaca artikel jurnal online tentang "Perbedaan antara Jurnal ilmiah dan Artikel" yang telah dipublikasikan oleh Lentera Jurnal. Semoga bermanfaat serta menambah informasi dan pengetahuan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *