Perpustakaan Anak-anak Rimba Baca, Jakarta

perpustakaan rimba baca

Perkembangan anak-anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, termasuk pilihan bacaan dan aktivitas yang mereka lakukan. Salah satu perpustakaan yang menarik perhatian di Jakarta Selatan adalah Rimba Baca. Berlokasi di kawasan Cilandak, perpustakaan ini telah menjadi destinasi yang sangat tepat untuk mengembangkan minat baca anak-anak sejak berdiri pada November 2011.

Perpustakaan Rimba Baca

Pemilihan nama “Rimba Baca” sendiri memberikan kesan unik dan berbeda. Namun, lebih dari sekadar namanya, perpustakaan ini menawarkan beragam kegiatan dan fasilitas yang mendukung perkembangan anak-anak secara holistik.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Rimba Baca adalah sistem penataan buku berdasarkan kelompok usia. Dengan pembagian 0-3, 4-8, dan 9-12 tahun, orang tua dapat lebih mudah memilih buku yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak mereka. Hal ini tidak hanya memudahkan dalam pemilihan bacaan, tetapi juga membantu mengarahkan minat baca anak sesuai dengan tahap perkembangan yang mereka alami.

Fasilitas interior perpustakaan dirancang khusus dengan tema anak-anak, menciptakan suasana yang ceria dan ramah anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak merasa nyaman dan betah berada di perpustakaan. Konsep desain yang menghindari kesan monoton dari perpustakaan tradisional membantu menciptakan lingkungan yang menarik bagi anak-anak.

Selain membaca buku, Rimba Baca juga menyediakan berbagai kegiatan menarik seperti bermain puzzle, boneka jari, dan kostum-kostum lucu. Ruang seni di perpustakaan ini menjadi tempat anak-anak dapat mengembangkan kreativitas mereka. Karya seni yang dihasilkan oleh mereka dipajang di dinding ruang seni, memberikan rasa prestasi dan penghargaan bagi sang buah hati.

Keunikan Rimba Baca tidak berhenti di ruang dalam perpustakaan. Di bagian belakang, terdapat taman kecil yang dilengkapi dengan kelinci dan kura-kura. Anak-anak dapat belajar secara langsung tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan.

Rimba Baca juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan pada akhir pekan, seperti kelas memasak, yoga, kelas seni, dan robotik. Inisiatif ini diharapkan tidak hanya menghibur anak-anak tetapi juga memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Kegiatan bersama ini menciptakan momen berharga untuk membina hubungan keluarga yang harmonis.

Meskipun Rimba Baca tidak dilalui oleh rute kendaraan umum, aksesibilitasnya tetap memungkinkan. Dengan turun di halte terdekat dan melanjutkan dengan ojek online, atau menggunakan MRT dengan turun di Stasiun Fatmawati, pengunjung dapat dengan mudah mencapai destinasi ini.


Jangan sampai ketinggalan artikel cari tahu lainnya yang bisa memperluas wawasan:


Alamat Perpustakaan Anak-anak Rimba Baca:

Jl. Intan RSPP Utara No.21B, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Buka: Setiap Hari Pukul 10.00-17.00 WIB

Telepon: (021) 7664517

Whatsapp: 087800018555

Penutup

Secara keseluruhan, Rimba Baca bukan hanya sekadar perpustakaan, tetapi merupakan pusat pembelajaran dan pengembangan bagi anak-anak. Dengan konsep yang unik, fasilitas yang mendukung, dan beragam kegiatan menarik, perpustakaan ini memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan kreatif.

Sebagai orang tua di Jakarta Selatan, menjadwalkan kunjungan ke Rimba Baca dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak dengan cara yang edukatif dan menyenangkan. Dengan begitu, Rimba Baca tidak hanya menjadi tempat baca, tetapi juga menjadi bagian integral dari perjalanan perkembangan anak-anak di era digital ini.

Anda telah membaca artikel jurnal online tentang "Perpustakaan Anak-anak Rimba Baca, Jakarta" yang telah dipublikasikan oleh Lentera Jurnal. Semoga bermanfaat serta menambah informasi dan pengetahuan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *